Total Tayangan Halaman

Senin, 07 Maret 2011

Media Folder

Contoh folder didesain dengan corel , dengan lima lipatan
Folder merupakan salah satu media penyuluhan yang bersifat grafis. Media ini sangat praktis digunakan penyuluh dalam menyebarkan informasi kepada petani. Folder merupakan media yang berupa lipatan kertas dapat 2 lipatan atau lebih.

Membuat media folder tentu harus menarik dengan desain yang bagus. Bisanya bisa menggunakan corel draw atau program lain yang dapat digunakan untuk desain grafis. Paling sederhana kita bisa menggunakan ms office publisher. Publiser menyediakan fasilitas berupa templet yang langsung dapat digunakan. Tinggal pilih yang sesuai dengan  desain folder, kita langsung dapat menangkan informasi pada foder yang telah kita buat. Terpenting adalah tulisan dan background yang digunakan harus kontras, sehingga tidak sullit untuk dibaca. Agar lebih mudah dipahami petani, informasi yang dituangkan ke dalam folder bisa di tambahkan gambar-gambar yang relefan. Tentu dalam meletakan gambar tetap memperhatikan unsur-unsur desain grafis

Penyajian informasi dalam media folder bersifat pernyataan yang lugas bukan argumentasi yang dapat memberikan kesan bertele-tele. Bahasa yang digunakan pun adalah bahasa Indonesia yang familiar. Hindarkan kata-kata ilmiah, kalau perlu masukan istilah-istilah (bahasa stempat) agar lebih mudah dipahami sasaran dalam hal ini adalah petani.