Total Tayangan Halaman

Rabu, 10 November 2010

Memanfaatkan e-Petani untuk Mengembangkan Cyber Extension.


Add caption
Cyber extension oleh beberapa kalangan di definisikan sebagai kegiatan penyuluhan pertanian yang dilaksanakan dengan menggunakan media online atau media internet.

Penggunaan media ini diwacanakan karena berkembang pesatnya teknologi informatika pada dekade terakhir ini. Bentuknya seperti apa? Pertanyaan ini sering disampaikan oleh teman-teman penyuluh pertanian di beberapa daerah. Pertanyaan yang tentu saja amat wajar karena pedoman mengenai hal ini juga belum ada.

Namun beberapa kalangan dengan inisiatif sendiri mencoba mengartikan dan mencoba mewujudkan cyber extensoion dengan berbagai macam cara. Ada yang dengan membuat web atau blog mengenai penyuluhan, ada yang membangun komunitas di media sosial network seperti Facebook. Semua bagi saya sah-sah saja yang penting bagaimana agar semua itu bermanfaat bagi petani dan dunia pertanian pada umumnya.

Pada saat ini Kementrian Pertanian sudah berinisiatif dengan membangun web portal penyuluhan dengan maksud untuk membangun dan mengembangkan penyuluhan pertanian berbasis teknologi informatika ini. Web ini sudah eksis dan saya rasa memberi manfaat yang banyak kepada para penyuluh maupun petani.
E-Petani, web yang dibangun Kementrian Pertanian ini sudah cukup lengkap memberikan layanan secara online kepada para penggunanya. Disini anda bisa temui menu mengenai Cara Budidaya, Info Harga, Konsultasi, Diskusi, Berita bahkan sampai Pengaduan juga ada.

Anda bisa mengetahui tentang Cara budidaya berbagai macam komoditas yang ditulis oleh para penyuluh dari seluruh Indonesia. Info harga komoditas pertanian menyajikan informasi harga beberapa komoditas penting secara up to date. Di menu Konsultasi anda bisa membaca berbagai macam konsultasi mulai dari pebiayaan pertanian sampai dengan pemasaranya untuk berbagai komoditas yang dibahas oleh para pakar dan penyuluh pertanian dari berbagai daerah. menarik, bukan? lebih menarik lagi, web ini juga membuat menu mengenai pengaduan dan Diskusi Warga. Jadi kita baik para penyuluh maupun petani dari seluruh Indonesia dapat memberikan pengaduan mengenai pelaksanaan program pemerintah terutama dibidang pertanian agar ditindaklanuti oleh para pihak maupun diskusi dengan beragam topik tentang dunia pertanian. Dan bagi anda para penyuluh yang mempunyai hobi dan kemampuan untuk menulis, e-Petani juga menyediak ruang untuk menulis di menu Blog. Silahkan anda menulis tentang topik yang anda kuasai di bidang pertanian tentu setelah anda mendaftar dengan admin e-Petani dan login terlebih dahulu.

Bagaimana menurut Anda, menarik sekali bukan? Silahkan anda mampir ke e-Petani dan jelajahi menu-menunya. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda untuk mengembangkan aktivitas penyuluhan anda. Salam Petani Indonesia.

http://www.penyuluhpertanian.com/

Tidak ada komentar: